PENDIDIKAN

Contoh Resensi

Posted on: Oktober 14, 2008

RESENSI KUMPULAN CERPEN

UNTUK MEMENUHI TUGAS BAHASA INDONESIA

DISUSUN OLEH

SANI JUANINGSIH

KELAS XII IPA I

SMA NEGERI 1 KOTA SUKABUMI

JL. RH. DIDI SUKARDI NO. 186 TELP. (0266) 221371

RESENSI

Judul Buku : My Valentine

Penulis : Hanna Al – Ithriyah

Terbit : Gema Insani

cetakan : 1, Dzulqa’idah 1427 H / November 2006 M

Tebal : 192 halaman

Hanna Al – Ithriyah, penulis muda berbakat ini masih bersekolah di madrasah aliah ( P1 ) Annuqayah, Sumenep, Madura,. Lahir di Sumenep, 22 desember 1985, karyanya yang berjudul “ Selaka Rindu Dinda “ berhasil memperoleh juara hiburan pertama pada lomba SMCI Gema Insani dan di bukukan dalam antologi cerpen pemenang sayembaya yang judulnya diambil dari judul cerpennya, “ Selaka Rindu Dinda “.

Kali ini, Hanna Al – Ithriyah kembali meluncurkan buku kumpulan cerpen karyanya yang berjudul “ My Valentine “ yang berisi sebelas cerita dengan karakteristik yang berbeda di setiap ceritanya.

Kumpulan cerpen “ My Valentine “ secara tidak langsung membuat ketertarikan ingin membacanya. Yang paling mempengruhi itu adalah judulnya, yang sudah familiyar dengan remaja-remaja. Banyak orang yang salah memprediksikan isi buku ini, karena mereka melihat dari judulnya, padahal isinya sangat berbeda dengan yang mereka prediksikan. Selain itu bahasanya sangat mudah dimengerti walaupun ada sebagian kata yang memakai bahasa arab dan madura tetapi di akhir cerita di berikan keterangannya.

Diantaranya sebelas cerita, ada 3 cerita yang terlihat paling menyentuh hati dan mengharukan. Ketiga cerita itu adalah “ Dialog Alam Barzah “, “ H Minus 7 ( My Valentine )”, “ Donat “. Ketiga cerita ini mengandung makna yang sangat dalam. Bisa dilihat dari cerita “ Dialog Alam Barzah “ menceritakan tentang amalan seseorang yang tidak menjamin masuk surga yaitu menceritakan di 24 orang hamba Allah , yang salah satu dari mereka adalah ahli ibadah, ternyata seorang ahli ibadah tidak menjamin dia akan masuk surga karena orang tersebut belum bisa menghindari penyakit hati.

Ternyata yang masuk surga adalah orang yang selalu menjaga agar hatinya selalu bersih dari penyakit hati. Dalam cerita ini bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti seakan-akan kita menyaksikan langsung kejadian tersebut.

Dicerita yang kedua bahasa yang di digunakan yaitu bahasa gaul anak remaja sekarang yang berjudul “ H Minus 7 ( My Valentine ) “ isinya menceritakan seorang anak muda yang bernama Boy. Anak muda ini sedang mencari pasangan untuk merayakan hari valentine, ternyata cewek-cewek di sekolahnya sudah mempunyai gandengan. Yang belum hanya anak Rohis. Tentunya itu memperkenalkan seorang akhwat itu dan temannya memberi saran untuk secepatnya mengirim sebuah kado dan sekotak coklat. Boy mengikuti saran temannya itu. Setelah itu Boy mendapat bingkisan itu kembali dan didalamnya terdapat securik kertas yang didalamnya berisi penolakan menerima bingkisan Valentine itu. Akhwat itu menolak ajakan dan pemberian bingkisan itu, lalu akhwat itu menjelaskan alasannya dan memberi pesan yang sangat menyentuh hati sehingga bisa membuat Boy kembali mendekat kepada Allah SWT.

Dicerita yang ketiga “ DONAT “ isinya kita ambil hikmah yang sangat besar karena ceritanya sangat menyentuh hati, sampai bisa membuat menangis pembacanya dan sangat membuat penasaran karena judulnya seperti komedi. Didalamnya menceritakan sebuah keluarga yang harmonis, seorang ibu yang mempunyai dua orang anak yang bernama Yuli dan Ipit. Ipit anak yang paling kecil, dia sangat suka makan donat. Sehari saja dia makan donat dia pasti mayur dan bertingkah tidak karuan. Suatu hari dia masuk rumah sakit, ternyata dia mengidap penyakit turunan dari ayahnya yaitu penyakit diabetes. Tidak berapa lama Ipit meninggal dunia, ibunya dan kakanya sangat menghawatirkan. Cerita itu sangat mengharukan dibanding cerita yang lain.

Kesimpulan cerpen ini sangat bagus karena bisa membuat pembacanya penasaran dan semua makna ceritanya sangat mendalam, banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil di buku itu, bahasanya tidak berbeli-belit tapi sangat mudah di mengerti.

Setelah membaca buku kumpulan cerpen “ My Valentine ‘ karya Hanna Al-Ithriyah, sangat berdampak positif terhadap pembacanya dan banyak sekali hikmah yang bisa diambil, selain itu bisa menjadikan kita sadar dalam dalam menjalani hidup ini. Kelebihan yang paling menonjol didalam buku ini adalah judulnya yang sangat bagus karena judul itu seperti mendeskripsikan isinya cerita yang bukan islami, tetapi kenyataanya isinya itu sangat islami.

Kumpulan cerpen ini mempunyai beberapa kekurangan yaitu alur ceritanya kurang mengerti dan jalan semua ceritanya terlalu lambat.

copyright by anak rohis smunsa

CINTA YANG HILANG

Judul : Mencari Belahan Jiwa

Penulis : Ifa Avianti

Penerbit : Gema Insani

Cetakan : November 2006 ( cetakan pertama )

Tebal : 202 halaman

Buku kumpulan Cerpen ini adalah sebuah karya dari seorang penulis yang bernama Ifa Avianti yang lahir di Jakarta. Ifa adalah lulusan dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia, jurusan Teknik Metalurgi. Tulisannya berupa cerpen, cerbung, essay dan artikel tersebar pada majalah Annida, Ummi, Muslimah, Amanah, Sabili, Noor, Safina, Paras, Aisha, tabloid Fikri, Buletin Hanif, Q-Zone, serta portal Moslemworld.

Menulis beberapa cerpen yang dimuat di antologi bersama teman-teman penulis Forum Lingkar Pena, yaitu “Sembilan Mata Hati” (Pustaka Annida, Jakarta, 1998), “Ketika Duka Tersenyum” (FBA Pess, Jakarta,2001), dan “Semua Atas Nama Cinta” (Ghalia, Jakarta, 2003), serta sebuah novel interaktif bersama berjudul “Kembara Kasih” (Pustaka Annida, Jakarta, 1999). Tiga tulisannya termuat dalam antologi kisah nyata para pejuang keadilan bersama Helvi Tiana Rosa, Izzatul Jannah, dkk yaitu “Bukan Di Negeri Dongeng” (Asy Syaamil, Bandung, 2003) dan masih banyak lagi karya-karya bersamanya.

Selain menjadi ibu dari putra kecil bernama Akna Mumtaz Ilmi, Ifa sedang menulis beberapa buah buku, diantaranya adalah “Barbagi Bening Cinta” (Kumpulan essay, Asy Syaamil, Bandung, 2204, kumcer dewasa “Langit Masih Biru” (Almawardi Prima, Jakarta, Juli 2005), berbagaii kumcer dewasa lainnya, juga kumcer remaja “Cinta Sudah Lewat” (Mizan, Bandung, 2005), serta berbagai kumpulan essay dan dua novel teenlit islami.

Sekarang Ifa tengah menunggu karya-karyanya lagi diterbitkan. Salah satu cita-cita Ifa adalah belajar menulis artikel ilmiah sejenis jurnal,l melanjutkan pendidikannya di bidang Creative Writing serta Materiall Science.

Saya akan mencoba memberikan sinopsis pada cerpen yang diberi judul “ Mencari Belahan Jiwa”. Cerpen ini menceritakan tentang seorang istri dari Satria, dan seorang ibu dari tiga orang anak yaitu Aziz, Naura dan Sofwan yang mempunyai kelainan bawaan yaitu autis, istri shalehah itu bernama Vedha.

Berawal dari teman semasa kecil Vedha yang biasa dipanggil Ve menjadi istri Satria. Ve bersahabat dengan adik Satria, yang bernama Uci. Usia Ve satu tahun lebih muda dari Satria dan seumur dengan Uci. Saat mereka masih kecil mereka selalu bersama, Satria adalah pelindung bagi Ve dan Uci. Namun, kebersamaan itu hanya sampai SMU, setelah Satria masuk Rohis dan dia menjadi Ikhwan. Namun Ve dan Uci tak kehilangan teman mereka mendapatkan 10 orang sahabat sekaligus yang sangat mererti mereka satu sama lain. Diantara para sahabat-sahabatnya itu, hanya Ve yang belum mengenakan jilbab. Ve masih ingin menjadi anggota OSIS, Cherleder, KIR dan lain sebagainya.

Di sekolah mereka, mengenakan jilbab adalah melanggar peraturan. Namun suatu hari, Ve berbicara pada teman-temannya bahwa ia akan mengenakan jilbab. Dan setelah Ve mengenakan jilbab banyak sekali masalah yang ditimbulkan karenanya. Untuk itu, Ve kabur bersama Uci dan Satria. Satria menjadi orang yang dingin dan cool. Setelah masalah selesai Ve dan Uci kembali ke rumah masing-masing dan meneruskan hidup mereka, dan tak lama setelahnya, Satria berbicara pada Ve bahwa ia dan Ve telah dijiodohkan sedari kecil oleh kedua orang tuanya. Entah mengapa hati Satria sangat bimbang dan akhirnya tujuh tahun setelahnya barulah Satria menikahi Ve. Padahal dulu ada rasa cinta pada hati Satria untuk Ve, tetapi mengapa semua itu sedikit demi sedikit menghilang.

Keluarga kecil mereka sangatlah rukun, tetapi begitu sunyi.Ve adalah istri yang tegar dan mandiri, ia berusaha menjadi yang terbaik bagi keluarganya, namun itu bukan keinginan Satria.

Sampai suatu saat, Satria berkenalan dengan Bening di chat room. dan berlanjut. Satria tak pernah bertemu Bening, mendengar suaranya pun belum. Namun ada perasaan sejuk apabila Satria memulai percakapan dengan Bening. Ada perbedaan pada diri Bening dan Ve, Satria ingin menolk semua rasa ini, dan ia beranikan untuk bertemu dengan Bening… apa yang akan terjadi pada rumah tangga Ve dan Satria?? Siapakah sebenarnya Bening itu??

Masih ada cerpen-cerpen selain cerpen diatas, diantaranya adalah “Aku Jatuh Cinta Lagi” yang menceritakan tentang sepasang suami istri yang sangat sibuk sehingga tidak punya waktu untuk berdua, “Reunion Potpouri” menceritakan tentang seorang anak bangsawan Jawa yang menikah denagn rakyat biasa dan dikucilkan oleh keluarga besarnya, “Jodoh Alin” yaitu menceritakan tentang seorang kaka angkat yang mencarikan jodoh untuk Alin, serta masih ada lagi cerita-cerita yang dapat kita baca dalam buku kumpulan cerpen ini.

Banyak persamaan antara cerita satu dan lainnya, yaitu mengenai masalah suami dan istri. Tetapi cerita yang ditampilkan beragam, mulai dari yang selingkuh, sampai suami yang dingin. Cerpen-cerpen dalam buku ini bisa dijadikan tuntunan agar kita bisa membina keluarga dengan baik, menjadi istri yang shalehah bagi suami, serta suami yang harus menyayangi istrinya. Namun, cerpen-cerpen ini mempunyai kekurangan dalam segi bahasa, bahasanya terlalu bertele-tele dan sulit dimengerti. Buku kumpulan cerpen ini cocok dibaca untuk kalangan yang sudah berumah tangga atau sudah dewasa. Karena, bagi anak muda, segi bahasanya sulit untuk dimengerti.

Tetapi, dari keseluruhan cerita apabila dibaca dengan seksama, banyak sekali pesan dan amanat dari penulis yang sangat berarti apabila kita akan melangkah ke taraf pernikahan.

About these ads

162 Tanggapan to "Contoh Resensi"

thanks ya cerpen lo dah bantu aku

makasih bgt yyyyyyyyyy resensinya udah bantu gw buat tugas bindo gw you are the best teruskan prestasi mu ^_^!!!!!!!!!!!!!!

thx buu..
sangat berguna bagi kelancaran masa depan nilai bindo saya..
hhee..xD

makacih yaaaaa,,,,,dengan adany contoh tu Q bisa nylesain tugas Q yg blm kelar & msti dkmpulin scptny………….

thXx…bgd ea bUu…
daH bnTu tGaz b.I gw…
hehe,,,
gW ga biSa hiDup TanPa kaRya loe iNe…
hehe,,,
leBai yaCh Gw…
pKo.a Thx nged’laH…
daH bNtuiN gw NyeLesaiN tgaS b.I gw..
TyuZz’Lah b’karya GiRLzz..
cpya Loe…
bSa bNtu oRg LbH byk Lg…
tHx bgd…
oea Lam KnaL jga…
: ),,

thanks ia
uda bantu slesein tugas akhir semester nie…
oea lam knal nie…

bukunya bagus

thanks ya cerpen lo dah bantu aku
makasih bgt yyyyyyyyyy resensinya udah bantu gw buat tugas bindo gw you are the best teruskan prestasi mu ^_^!!!!!!!!!!!!!!
thx buu..
sangat berguna bagi kelancaran masa depan nilai bindo saya..
hhee..xD
makacih yaaaaa,,,,,dengan adany contoh tu Q bisa nylesain tugas Q yg blm kelar & msti dkmpulin scptny………….
thXx…bgd ea bUu…
daH bnTu tGaz b.I gw…
hehe,,,
gW ga biSa hiDup TanPa kaRya loe iNe…
hehe,,,
leBai yaCh Gw…
pKo.a Thx nged’laH…
daH bNtuiN gw NyeLesaiN tgaS b.I gw..
TyuZz’Lah b’karya GiRLzz..
cpya Loe…
bSa bNtu oRg LbH byk Lg…
tHx bgd…
oea Lam KnaL jga…
: ),,
thanks ia
uda bantu slesein tugas akhir semester nie…
oea lam knal nie…
bukunya bagus

thnk yupz taz contoh nyx……..
………………………………………..

salam bwt loe dari gw n nax bandun9!!!!!!!!!

resensi buatan lu itu ada cover’a ga ???? tolong ada’n ya !!!! coz gu penasarn bgt ma cover’e !!!! secepet’e !!!! gu tunggu makasih

Subhanallah,,,bagus sekali,,
emm, da nomor HP ga’,,,kirim ke alamat email saja

heuf
that’s good but too much
so i was confused to write your novel
but thx a lot for help me

ada cpen tntang kelulusan SMP gagh?? oZ gw gi ada tugas bhs inDo ne bkin crpen tntg kelulusan…..please…help me……

hehehehe……………
Q belum baca…………….

gilaaaa krya crpan lo,,
gw sk bangetz,,,,,,
thank udh bkin inspirasi gw tambah banyk stlh bca karya crpen lo
,,,,, smga lo tambh sukses ja,,,,,,,

thanks ya buat contoh resensi buku ya.

thx bgt yaaaaaaaaaaaaaa….,,,,
uda bntu bwt tgas bind…
^^

Tengkiyu banget ya ,, dah bantu idup gw

makasih yaa atas contoh resensinya

Mkch yow.
Cerpen lo bgus bgt, mmbntu bgt buatq utk nylesaikn tgasq.

hai gabung donk…..

terima kasih ya, udah bantu selsaikan tugas bahasa Indonesia q……

trimakasiiiich, anda baiiik sekhaliiih:-)

thaxz yagh…..
cerita u dagh bantu gw nyelesaiin tgs bindo q….

tingKatKN lagI yach…..

seManGt yachh

you are the best

thxz y’ bu cerpennya sangat
bagus sekali,

membantu tugas saya.

thxz y’ bu cerpennya sangat
bagus sekali,

membantu tugas saya.thaxz yagh…..
cerita u dagh bantu gw nyelesaiin tgs bindo q….

tingKatKN lagI yach…..

seManGt yachh

you are the bestJuni 4, 2009 pada 10:35 am

gilaaaa krya crpan lo,,
gw sk bangetz,,,,,,
thank udh bkin inspirasi gw tambah banyk stlh bca karya crpen lo
,,,,, smga lo tambh sukses ja,,,,,,,

Terimakasih banyak om

Thank you for your review I can finish my assignment Indonesian,,,,,,,,,,,,,,,

thank you very much,,,,,,,,,,,,,,,,

improve your performance because you can help other children are more trouble,,,,,,,,,,,,

thx cerpenloh… udah membantu gue…
krn cerpenlo itu bagus….
gue acungin 24 jempol gue buat loe……

thx tas resensi.a………..
brkt tu gw bs ngrjin tgas b indo…
se x lg thx yaaaaa..

Thx ea wt cnth rSENSi na
km bAEg dEH,,
km dh NYLAmetin q dr guRU b.Indo q..
Trims bgd ea
kaLEe ni,,q g pRLU repot2 wt rSNsi.Hehe

makasi y cintoh resensinya,,,. di tambah donk!!!!!!!!

makasi y,, karna resensi mu,jadi,bisa,ku,bawa,pulang,salam,buat,papa,mama,,,mu!!!!!!!!!

Assalamualaikum…
duch.. tqyu bgd ya…
cuz u aqu g pusing2 bntuin buat tgs adiq qu heheh …
Tq..

Met malam,,
.wAHhh…. ResensiY bagus bgd N pztY sangat b’guna waT kzlancarn niLai Tugas B.indQ
Trims

makasih yaaa….atas conttoh resensi nya…
^_^

makasih yowWwwW!!!!!!!

hasil resensi NYa Bkin Aku JadI MUdAh BuaT TUgAs neCH……..,,,,

AriGaTTo GizAiMashiTa…..

^___________________________________________________^

thanx …..udah ngasih tau contoh resensinya…………….

coz……………… Q ada tugaz bhs. idonesia

MAKASIH BNYK EA

thx ya buat infonya!!!!!!!!!

thx ya bwt cntoh resensi ny… jdi gag bingung” dech nyariii tugazz…

thx bgd ea,,,,
resensi ni bntu bgd buad tugaz b.indo

Mkcie yc Ats RsensiX . . . . .

bgus bngettttttttttt……….

waoooWaoo……………

bagus bnget

ass………………
makacih ya bwt cntoh resensi’y…………
brmanfaat bgt deh………
mg drimoe sllu da dlm lindungan Allah swt…..
semangat ya…..!!!

saya suka dengan resensi anda,anda merupakan orang yang beruntung memiliki ketrampilan,smart,sangat mengerti akan keinginan seseorang.saya boleh tanya pribadi tidak?saya pengen tahu alamat email anda atau facebook anda,mungkin kita bisa berbagi pengalaman atau apapun,itupun kalau anda tidak keberatan,tapi yang pasti resensi dari anda sudah membantu saya.Terima kasih.jangan lupa di balas ya…..

thanks ya contoh resensinya…
berguna banget buad tugas bahasa indonesia guw..

maksih….

kalo bisa tambahin yaa contohnya…

thx ya, lumayan membantu buat tugas… :D

haduu thx bgt iiyh bwt contoh resensi.a .
mudah2an loe mkin berprestasi ,
skali agg thx bgt udd ngbantu gw tuk nylesein tgas bindo :)

apix bangetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

hiipppppppppppppp

thankz yop taz bantuan resensinya………………….!!!!!:-)

thanky taz contoh resensiy……………………..
nilay b.indo w jdy terbantu……………….

mantappss bos .. sangat membantu tugas bhs indo ane hehehe

owh….makaCih bGet ea,,,ne bNer2 banTu aq sLesein tGas b.i-ku yg biKin raMbut rOntok,,,,hehehhe…poKoknya ini TE O PE BE GE TE deh….

thanks mom……….dh buat…cnth.rsensi………….
Hophoy yeu……………….

thanx bgt sob udh ngebantu aq,ni bwt tgs internet

thinkyu friend….
bntu bgt bwt tgz quw

thankss ,banget y!!
bsa ngbantu tugas b.indonesia ak

haturnuhun gieh,

tolong donk fotonya juga di tampilin,

bagus lho resensinya, trims ya, resensinya buat contoh anak smp kls9 yang baru mau nyoba bikin resensi.

Mksh..bgt bwt resensinyaaa..
Hhi :D

tankz ya…………………………
kretifitas lo dah bantu byk tunas bangsa yang mnjd rajin bkin tugs,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
he…he…..
bcnda koq,,,,,,,,,,,,,
thnkz alot

mkacieeeeeeeeeeeeeeeh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
itz good idea for help many poeple,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

maksih bgt dah bos…..
hasil resensi anda sngt berguna bg gW….
gW jd gmpang ngerjain tgs bhs. indo gW…..

maksih bgt bro….

tKS…..

kpan za aQ bza nuliz novel……..
tq

demi apapun, ini sangat membantu.
makasih banget yaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!

tQ bwt resensi’y,.
maaf bwt bu sri, sy dh curang Bu !!!

cebeyum Y tanks bgd ykn al”y u dpt bz bntuin q tox ngerjain tgz resensi nee.
o”y lam knl y…………………!

thankz banget,, udah bantu gw buat tugas resensi dgn adanya c0ntoh resensi ini..

mksih bggggggggggggtttttttttt,,,,,,,,,,,,,,,,,,
udah batu aku,,,,,,,,,,,,

Thanks a lot

thanks alot

makasih banyak atas resensi’a yachh di tunggu resensi” yang lain’a .
makasih..

makasi bnget ya .contoh resinsinya bantu wa banget ngerjain tugas b.indo

makasich ea,,,,,akhirnya ku bisa beresin tugas juga ,,,, legaaaaaaaa…
thanks ea

Mksih Brkat resensi kmu, Q bsa nyelesai in tugas.

makasii resensi kamu udah bantu aku tugas b.indo :)

makasih resensinya buat tugas di sekolah :D

jgn diambil lgi yahhh ip1 ,,.
mw Buat tugas b.I g jg.. 27 sep 2010.. , hh

kurang foto buku.a…
coba klo ad…
top margotop….

tx y…
dah d bntuin ngrjain tugas
hehe..bwt bsk pula..

tq y..
dh d bntuin ngrjain tugas bindo..

emm ,,, mau bertanya nih, kan aku mau lomba, nah harus membandingkan resensi dengan buku lain, bingungnya, yang harus di resensiin yang mana ?? tolong bantuannya yah, tolong banget, terimakasih :)

haduhh..
Da gk yg resensi-a tntg pngetahuan slain novel!
Soal-a ak lg btuh bgt nih!
Tlg-n ak yahh…
Please….

thnx buangetz ea,,,,,,
dah bntu tugaz b. Indo qyu….

makasih atas karya nya ,, dengan ini tugas saya bisa di selesaikan dengan mudah :)

Waaah resensinya bagus banget ^.^
tapi boleh kasih saran ga’? (ehehe)
kasih tau kekurangannya juga dunk…keunggulannya terus yang ditonjolin….biar kalo mau beli bukunya, kita udah tau segala kekurangannya dari resensinya (biar gak kecewa begitu baca bukunya karena udah tau kekurangannya)

hehehehe sorry panjang banget ommentnya

wew anak SMA 1 Sukabumi, gw anak SMP 6 Sukabumi. .. . .

mksih gan,,mampir kblogku…

makasih ya kk,, contohnya ngebantu banget ….. !!!!

terima kasih atas cerpennya ……. sudah meringankan aku untuk membuat tugas…..good job

kelas xii ips 2 man rengel….mator suwon cerpenipun……..

terima kasih’y dah bantuin aqu ataz cerpen’y

MANTAPPP..!!!!!
JEMPOLKU BUAT RESENSI CERPEN INI.!!!
SIPPP.!!! ^_^

makasieeee

tanks buanged…….
.tgz gw jdie klar

maksh banggget ya
ats cnth resensinya ak jd mudh ni dlm mengrjakn tgs bhasa indonesia, smaga ALLAH memblas sglanya AMINNN.

wawwww…………… makacihh eaaaa… udh bntu q nyelesainn tugasss resennsii q…..resennsinya bagus bgettttzzzzz deeccchh…….

emmmm makacihh ea… hehehehe

udah bantuuinn q bwat nyelesaiin tugaazzzz b.indo…….
thanx bgeeetszz eaaa………………………………

hai……..
thanxeaaa… bwt resennnsinyaaa
good…. good…
tngkatin teruss ……………….yeahhh…………!!

bagus. tapi ga da ceritanya ?

resensinya bagus dan menjadi inspirasiku untuk menyelesaikan tugas membuat resensi.
So THANKS to YOU very much

terimakasih sudah di share . .sangat membantu :)

Thanx ea buat c0nt0h resensinya.
tgs q makin mudah aja.

makasih atas resensinya, bisa mempermudah saya dalam mengerjakan tugas.

maksih atas resensinya..

wah makasih banget. karena karya kamu ini dah bantu saya.. :)

bgus lo ceritanya….
mksi dh mw bantu….
slam knl ja ea…..

menarik, terimakasih telah membantu saya :)

menarik,,namun terlalu di jabarkan……

ak pusingg ngerjaen resensiii ., ,.

bingungggggggggggg

Ceritanya sangat menarik…. terima kasih telah membantu saya untuk menyelesaikan tugas dari resensi tersebut. :-)

makchi bgtt ya
tgast b.indd kkuuw akhirnya bissa kelarr jgga

terima kasih postingan ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas bahasa indonesia

assalaamu’alaykum… izin copy boleh?

makassih ya mba…

annyong..,,
gamsahamnida…… ^-^

실례합니다.

안녕하세요.
고맙습니다.(감사합니다.)…….= ‘ ; ‘ =

Makasih ya, aku lagi cari contoh resensian buku soalnya ada tugas.
________
[""thank's"""]
“”|/”””””””””
|\ /|
v (。 n_n。)
\ /( (O) )\
(] [)

makasih banyk ea
bantu banget…

Terima kasih atas infonya ♫

Isinya bagus.. udh gw ambil n dikumpulin….. tapi dikembaliin lagi ama gru B indnya… cz gurunya tw kllo ane ambil dri Internet…. ZZZZZZZZZZZ

good :)

Makasih BROO

kerenn..to loem bca…hehehehe

I Like your short story…

,,thanks juga…Dach bantu bangedt nyelesai.ind tugaz bhs.indo ghue…:)

makasiii.. :D tugas ku jadi selesaii deh.. hehe

mksihh yaaa atass resensinyaa, dngan resensii ini aku bisa mngerjakan tgass kku ……

mksihhh resensinya

resensinya keren ???

mkzH ieaAAAa …………. atazz resensi/cerpeeeenx ieaaaaaaaaa??????
lhow nga dha nhie
Qhean gw udha d pkuUL Mha ibu grUu gw …
heheheeeee… lebay deeeech

ini resensi novel yah??
bukan cerpen???

makacih bwanget contoh resensinya, ckrang tgas ku clelai dech
thankz za kak……..

Makasih ats conth nya.lumayan buat tgas b.indonesia.
Mochamad Ricky.dri bbkan tnggh.malausma.majalengka

Alhmdulilah dpat pencerahan.

makasih yaaa….
contoh resensiya sdah membantu bnget….

contoh Resensi yg brjudul “My Valentine” bahasanya masih tidak karuan…
thanks!

thanks banget buat resensinya. sangat membantu ^^

THANK BANGET YA BRKAT CONTO RESENSI U Q BSA MENYLSAIKN TGSKU THANK BNGT YA

Thank …contoh resensinya membantu q mengerjakan tugas bhs indonesia
THANK banget y

cappee dehhhhhhhhhh

uyheeeeee

Thanks resensinya,
nd mw tanya, situs bwt download kumpulan crpenya ada gx yaa??

thanks ya,, buat contoh resensinya jadi tgsku bisa selsai deh

.thankz yaa ataz bntuan cnt0h resensix..
.kelar smua dach tugaz b.indQ !! ~ :)

Hmmmmss resensi kamu sangat membantu saya untuk menyelesaikan tgas bahasa indonesia saya

thanks yach.. dengan resensi nya!!!! sangat membantu saya dlam mengerjakan tugas.

sip…its amaizing

Kdd lagi kah mang??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Negara Yang Sudah Berkunjung

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Kawan Sejati

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Koleksi Film Harun Yahya

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Blog Partnerku (elsabarto.co.cc)

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Lihat Berita Detik Net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS FOSS-ID

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita Presiden SBY

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Yang Sudah Mampir Ada

  • 494,018 Orang
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: