PENDIDIKAN

IDENTIFIKASI PERILAKU PELANGGAN

Posted on: November 4, 2008

Pengantar

Identifikasi perilaku pelanggan adalah suatu usaha untuk mengidentitikasi pelanggan dilihat dari sudut perilaku dengan memperhatikan faktor-faktor yang melingkupi diri pelanggan baik sebagai individu, maupun sosial, setelah dapat diidentifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memotivasi  dengan menggunakan media promosi  agar dapat melakukan pembelian produk seperti yang ditawarkan.


Perilaku Pelanggan

Pelanggan adalah mahluk indvidu sekaligus sosial, maka faktor-faktor yang melingkupinya akan dibahas sebagai berikut :

  1. Individu
  2. Lingkungan keluarga
  3. Lingkungan masyarakat
  4. Budaya kota dan desa
  5. Ekonomi
  6. Idiologi/Agama
  7. Tata Nilai
  8. Status sosial
  1. Individu

    1. Belanja untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri
    2. Mengharapkan kepuasan pelayanan dan produk
    3. Kelas sosial, di antaranya dilihat dari tingkat penghasilan dan pendidikan
    4. Pembelian dipengaruhi situasi dan kondisi serta daya beli dari individu

  1. Lingkungan keluarga
    1. Belanja mewakili keluarga, meskipun dilakukan seseorang
    2. Keluarga, adalah lingkungan terdekat  yang sangat mempengaruhi nilai perilaku
      seseorang, maka Pembelian dipengaruhi anggota keluarga
    3. Kepuasan atas produk untuk seluruh keluarga yang diwakili
    4. Pembelian produk lebih banyak

  1. Lingkungan masyarakat
    1. Belanja produk secara psikologis dipengaruhi lingkungan tempat tinggal atau
      tetangga lingkungan  perumahan
    2. Produk yang dibeli dipengaruhi  gengsi
    3. Pembelian  produk mengacu pada merk yang dibeli tetangga

  1. Budaya kota dan desa
    1. Budaya Kota
      • Pembelian produk lebih terpengaruh pada media promosi
        ( TV, Koran, Majalah, internet )
      • Pembelian produk sesuai dengan lingkungan perkotaan
      • Informasi tentang produk tersedia, dan cepat diketahui dengan cepat
      • Pembelian mengacu pada kesibukan kota
    1. Budaya Desa
      • Pembelian produk kurang dipengaruhi media promosi
      • Pembelian produk sesuai dengan lingkungan pedesaan
      • Informasi tentang produk lambat diketahui, kurang cepat tersedia
      • Sumber informasi dalam jumlah terbatas
  2. Ekonomi
    1. Seseorang  yang hidup dari kekayaan warisan
    2. Orang yang berhasil dalam usaha atau profesinya sehingga tingkat
      ekonominya dikatakan kelas menengah
    3. Para pekerja kantoran (kerah putih) yang bergaji menengah
    4. Para pekerja standar, hanya sedikit di atas garis kemiskinan
    5. Pekerja tidak tetap atau tidak memiliki pekerjaan

  1. Idiologi/Agama
    1. Pembelian produk mengacu pada Idiologi/ agama yang dianut
    2. Pembelian perlengkapan ritual agama
  1. Tata Nilai
    1. Pembelian produk mengacu pada tata nilai budaya yang melingkupi seseorang
    2. Tata nilai tiap orang yang berasal dari daerah yang berbeda akan menampilkan pola      pembelian yang berbeda
    3. Nilai budaya Indonesia akan berbeda dengan orang luar negeri, menyebabkan pola konsumsi yang berbeda pula

  1. Status sosial
    1. Status sosial akan mempengaruhi pembelian produk
    2. Setiap penyandang status sosial yang  berbeda, pembelian produk berbeda pula
    3. Seiring naiknya pendapatan seseorang, maka pembelian akan meningkat

Motivasi Pembelian

Kegunaan dari mengetahui motivasi Pembelian adalah untuk mengidentifikas perilaku pelanggan  sehingga dapat diketahui pola pembelian, agar penjualan dapat lebih berhasil, yang terdiri dari:

  1. Motivasi pembelian adalah motif membeli dan keinginan umum naluriah manusia, yaitu alasan atau sebab seseorang melakukan pembelian, dengan tujuan memenuhi kebutuhannya, yaitu:
    1. Akal (rasional)
    2. Pelayanan toko (service)
    3. Kebutuhan mendesak

  1. Faktor intern (dalam) dan Ekstern (luar)
  2. Psikologis

  1. Motivasi pembelian
    1. Akal (rasional)
      Pembelian  produk yang disertai dengan pemikiran bahwa produk yang dibeli memang dibutuhkan, dan sesuai dengan kemampuan daya beli yang dimilikinya

    2. Pelayanan toko (service)
      Keinginan membeli produk timbul akibat dari pelayanan yang memuaskan, baik dari kualitas produknya maupun fasilitas yang disediakan pihak to
      ko

    3. Kebutuhan mendesak
      Keingian membeli produk karena memang merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus diadakan, misalnya pengendara motor, waktu musim hujan membutuhkan jas hujan

  1. Faktor ekstern/luar
    Pembelian dilakukan karena pengaruh dari:

    1. Orang yang pertama mempunyai ide atau gagasan (initiator)
    2. Orang yang mempengaruhi keputusan pembelian (influencer)
    3. Orang yang menentukan sebagian atau keseluruhan pembelian (Key)
    4. Orang yang melaksanakan pembelian (purchaser)

      Alur Faktor ekstern/luar

  2. Faktor psikologis
    Pengaruh pembelian karena:

    1. pengalaman yang didapat baik positif maupun negatif dalam pembelian produk
    2. karakter/kepribadian, seperti pemikiran, sikap, ucapan dan tindakan
    3. pengaruh merk ( brand ), produk yang berkualitas
    4. Konsep dir, pandangan terhadap diri sendiri

Identifikasi Perilaku Pelanggan [Download]

About these ads

2 Tanggapan to "IDENTIFIKASI PERILAKU PELANGGAN"

minta tolong materi identifikasi pelanggan produk konveksi . .
terima kasih

tolong dong jelasin perilaku pelanggan kaskus.makasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Negara Yang Sudah Berkunjung

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

RSS Kawan Sejati

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Koleksi Film Harun Yahya

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Blog Partnerku (elsabarto.co.cc)

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS FOSS-ID

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita Presiden SBY

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Yang Sudah Mampir Ada

  • 489,553 Orang
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: