PENDIDIKAN

Jarimatika

JARIMATIKA

Jarimatika (singkatan dari jari dan aritmatika) adalah metode berhitung dengan menggunakan jari tangan.Metode ini ditemukan oleh Ibu Septi Peni Wulandani.
Meski hanya menggunakan jari tangan, tapi dengan metode jarimatika kita mampu melakukan operasi bilangan KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang) sampai dengan ribuan (atau mungkin lebih?)

Metode ini sangat mudah diterima anak. Mempelajarinya pun sangat mengasyikkan, karena jarimatika tidak membebani memori otak dan “alat”nya selalu tersedia. Bahkan saat ujian kita tidak perlu khawatir “alat”nya akan disita atau ketinggalan karena alatnya adalah jari tangan kita sendiri.

Sebagai gambaran: dalam Jarimatika tangan kanan digunakan untuk satuan dan tangan kiri digunakan puluhan dan ratusan.

Angka 1 diwakili oleh jari telunjuk, 2 diwakili jari telunjuk dan jari tengah demikian seterusnya sampai 4 ditunjukkan ketika jari telunjuk sampai kelingking terbuka.
Angka 5 diwakili oleh jempol saja. Lalu 6 ditunjukkan dengan jempol dan telunjuk, demikian seterusnya hingga angka 9 ditunjukkan jika semua jari tangan kanan terbuka.

Contoh : 1 + 5 + 3 – 2 = 7
1 (buka jari telunjuk)
+5 (buka jempol)
+3 (buka jari tengah, jari manis, kelingking)
-2 (tutup jari kelingking dan jari manis)

sampai disini kita akan mendapati jempol, jari telunjuk dan jari tengah terbuka dan ini menunjukkan angka 7.
Jika sudah terbiasa, maka dengan sendirinya jari-jari akan bergerak dengan lincah.

Metode Jarimatika ini bisa digunakan untuk operasi penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 9999 dan untuk operasi perkalian/pembagian 2-3 digit (atau bahkan lebih)?

Untuk informasi selengkapnya mengenai jarimatika ini dapat menghubungi alamat di bawah ini:

www.jarimatika.com

KANTOR PUSAT :
Jl. Margosari PR 4 Salatiga
Telp : 0298 – 325016
HP : 0812 867 1598

CABANG MAKASSAR :

Kursus & Sanggar Anak MENTARI
Jl. Pengayoman
Ruko Jasper III No. 11
Panakkukang Mas – Makassar
Telp: (0411) 435566

Untuk Tekhnik Dasar Jarimatika Mungkin Rumus Dibawah Ini Bisa Membantu

Teknik Jarimatika

1)Penjumlahan dan Pengurangan

 Tangan Kanan sebagai satuan dan tangan kiri sebagai puluhan.

 Tangan Kanan:
 - Telunjuk dibuka = 1
 - (Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 2
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis) dibuka = 3
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) dibuka = 4
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) ditutup + Jempol dibuka = 5
 - (Jempol + Telunjuk) dibuka = 6
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 7
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis) dibuka = 8
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis + Kelingking) dibuka = 9
 Tangan Kiri:
 - Telunjuk dibuka = 10
 - (Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 20
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis) dibuka = 30
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) dibuka = 40
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) ditutup + Jempol dibuka = 50
 - (Jempol + Telunjuk) dibuka = 60
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 70
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis) dibuka = 80
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis + Kelingking) dibuka = 90

Kalau mau download boleh tapi nanti dibukanya di Open Office
jarimatika-1_bapake_sultan.odt

Penggunaan metode :

Dibandingkan dengan metode lain, metode “Jarimatika” lebih menekankan
pada penguasaan konsep terlebih dahulu baru ke cara cepatnya, 
sehingga anak-anak menguasai ilmu secara matang. 
Selain itu metode ini disampaikan secara fun, 
sehingga anak-anak akan merasa senang dan gampang bagaikan “tamasya belajar”.

Dicoba disini untuk belajar metode jarimatika

60 Tanggapan to "Jarimatika"

saya pingin beli bukunya untuk anak saya sd kls 1 dan apakah ada tempat kursus jarimatika sekitar halim perdanakusuma dan berapa biayanya?

trimakasih
Salam,
purwadi

Kalau mau beli bukunya sih tinggal kontak ke
http://www.jarimatika.com sekaligus kalau mau konsul juga bisa
tapi kalau mau download diatas udah disediakan tinggal mau ngedownloadnya lumayan gratis

Apa Jarimatika bisa digunakan untuk anak dibawah usia 3 tahun? dan gratisannya buat selanjutnya donk, trims

keren box, anakku jadi canggih ni. mkcih ya..

jauh, disalatiga, itu sama aza pulang kampung eh lupa sudah dijual rmh /tnh ,yg dekat jakarta-barat jembatan lima, blm buka cab ya ibu/bpk, maturnuwon, informasinya

Trims..atas info ilmunya..cuma boleh ngak kasih contoh yang simple yang lain bagaimana dengan contoh pembagian.

Saya tinggal di Kelapa Dua Depok (Depan Asrama Brimob)Jl. Akses UI. Tempat kursus yang paling dekat dg rumah dimana?

apa bisa jarimatika untuk angka ratusan? kan jarinya cuma 10 jari (maksimum angka 99 kalo jari terbuka semua), apa harus pake jari kaki?

tlg dong alamat kursus jarimatika untuk daerah jatinegara, kp melayu atau rawamangun. thx

Sy kesulitan DL, file odt tsb. klo berkenan mhn kirimkan ke email saya aja. tks

tolong dong..kirimin bagaimana cara menggunakan jarimatika untuk operasi penjumlahan ratusan ke alamat imel saya.makasih..

Saya sudah memiliki buku jarimatika penjumlahan serta perkalian. Minta tolong bila jarimatika bisa dipakai untuk operasi angka ratusan atau bahkan ribuan. Mohon bisa disampaikan ke email saya. Terima kasih.

saya sudah pelajari jarimatika sesuai dengan seri bacaan tapi saya pengen belajar lagi yang perkalian dan pembagian ada gak seri bacaannya. tolong kirim di email yach…!!!suwun….

Asslm wr wb

Saya sdh beli buku jarimatika u/ perkalian dan pembagian, tp msh bingung. Mohon dikirimkan teori jarimatika perkalian n pembagian yang bisa mudah dimengerti.

Syukran katsiran atas bantuannya.

Wassalam wr wb

thank u ya mba mdah2an ilmunya berkah, amin.

Anakku mulai tertarik nih. Tapi bundanya yang mau belajar duluan. Thanks atas infonya, tapi gak ngerti cara ngedownloadnya.

mau tanya nich… lanjutan perkalian dan pembagian angka 7×13 atau 12×36 dengan jarimatika, judul bukunya apa?

Sebenarnya jarimatika ini mengadopsi sistem perhitungan sempoa, rumus-rumusnya sama, coba perhatikan sempoa, manik atasnya 1 bernilai 5 sm dgn nilai jempol pd jarimatika, manik bawah 4 bernilai masing2 1, sm dgn nilai 4 jari pd jarimatika. Tapi untuk digit yg lbh banyak lagi apa bisa dgn jarimatika sebagaimana sempoa? Kesimpulannya Jarimatika ini hasil modifikasi Sempoa.

aku senang belajar ini

jarimatika seru

saya sudah membeli buku yg perkalian dan pembagian..
tolong donk pdf nya perhitungan yg ratusan sd ribuan..
thx

tapi kalo jumlah lebih dari 99 bgaimana caranya seperti 873 X 486=?… bagaimana cara menghitung dengan jarimatika?…

gimana cara nya gunakan jarimatika
gue gak engerti sm sekalih

saya tertarik untuk mempelajari buku jarimatika, apalagi saya mengajar matematika tingkat SD. bagaimana cara menghitung perkalian atau pembagian pada siswa saya. untuk buku jarimatika apa ada di toko buku gramedia atau book store khusus……….

Saya tinggal di daerah bukit baruga Antang Makassar, mohon info cabang jarimatika terdekat.

alamat download buku jarimatika untuk perkalian n pembagian dimana ya???
trus untuk angka yg lebih dari 99…gimana caraNya???
tolong balas ke email aQ ya…
thanks

Saya senang… dan terbantu untuk membimbing anak… mksh.

ada metode baru yg bikin bingung yaitu 1 dilambang kan dengan kelingking, lebih mudah untuk dicerna tapi lebih lambat dalam berhitung…, anak saya mahir dg metode lama tapi ketika di ajarkan metode baru dia jadi lama meng hitungnya…,

Thanks for your blog:)

ada buku jarimatika ratusan utk penjumlahan pengurangn. perkalian dan pembagian? tolong krim nama dan pengarangnya k email atau FB dgn nama Tania Purbasari Anggraini atau mau beli di mana? anak saya slalu jadi perwakilan kelas kalau ada lomba matematika ni … ;)

insyaallah penjumlahan dbawah seratus saya sudah paham tp gimana kalo penjumlahan diatas seratus bahkan sampai ribuan??? tolong beri saya rumusnya ke emailni ya makasih……

insyaallah penjumlahan dbawah seratus saya sudah paham tp gimana kalo penjumlahan diatas seratus bahkan sampai ribuan??? tolong beri saya rumusnya ke email ni ya makasih……

terimakasih blog nya, saya coba praktekkan ke anak saya.

Bos?berapa harga bukunya?apa dijakarta ada yg jual.apa cuma dari buku sudah bisa dipahami.

Semoga bisa dipraktekkan, kakaaaaaaaaaa :D

Besok minggu mau dipake nih, kakaaaaaaaaa :)

Do’akan saya, kakaaaaaaaaaaaaaa :D

kalau di jakarta barat, tempatnya dimana ya ?

Kalau penjumlahan& pengurangan, perkalian- pembagian yang angkanya diatas seratus gimana caranya ya? Mohon kirim rumus & simbol jari tangannya..kirim ke email saya ya..makasih

kemarin dari murid ugm datang kesekolahan saya untuk membalajari ilmu jerimatika sangat mengasikan

ada apa ga video jarimatika,downloadnya dimana gan?tolong bantuannya.terimakasih

klo pemanbahan ratusan gmn cranya ya bu kan jarinya cuma 99 kasih tau donk aq pnasaran n butuh bgt mksh

bu, untuk daerah gorontalo tolong di buka cabangnya bu. kebetulan anak saya dah paham dikit tapi hanya untuk takunya aja (tambah, kurang) untuk perkalian sama pembagianya belum dpt rumusan dasarnya, mohon di balas atas perhatianya saya ucapkan terima kasih. banyak dan sebesar besarnya atas balasannya

tolong dong kirim buku jarimatika perkalian dan pembagian di email saya

kalau jarimatika di ajarkan ke anak smp bisa juga tidak??

terimakasih pak. saya butuh untuk kajian teori dalam penelitian yang saya lakukan

anak saya usia 3 th.usianya sudah cukup apa belum untuk belajar jarimatika?kursus jarimatika di daerah pluit ada ga?

dulu anak saya pernah les Jarimatika di Pamekasan (Madura), dan sejak pindah ke surabaya mencari lesnya sulit. untuk kursus Jarimatika di sby almtnya dimana dan apa ada guru yang khusu les privat. thanks.
untuk jwbnya kirim ke atmojo.haris@yahoo.com

lumayan byk m’bantu lhoooo….

Ralat: Bu Septi bukan penemu jarimatika, beliau hanya mempopulerkan metode di indonesia. Metode fingers math setau saya banyak, dan tidak ada penemunya dari Indonesia. Trima kasih.

ijin download ya bu

saya tolong dikirim panduanya dia lewat saya : rizuhri@gmail.com. terima kasih

Aduh susah amat sih kak lbih baik aku ikut les aja di makassar kan aku tinggal di makassar

Hebat banget :)
Mudah lagi

bagus untuk tunas bangsa kita

seru bgt jadi bikin pintet otak mau masuk situ ah biar pintet biar ngalahin teman yg pringkat pertama guakan nilainya jelek terus mtk mudah mudahan masuk di siti biar pinter

Menurut saya metode jarimatika cukup efektif dan efisien untuk anak dini dan sekolah dasar pada umumnya, apakah bisa efektif dan efisien sampai masa perkuliahan bahkan sampai kita manula. Bagaimana kalo kita cacat fisik dan mental. Apakah itu masih berlaku ? Belum tentu bu, ada teknik tangan kosong (quantum 5D Math learning) yang sedang dikembangkan saat ini. Tanpa jari tangan dan kaki, tanpa alat hitung dan alat peragapun. hanya manajemen ketrampilan otak manusia saja yg diutamkan kapanpun, dimanapun dan kemanapun kita berpijak dan belajar. Salam profesi dan sukses selalu dalam mencerdaskan anak bangsa.

Ada beberapa pertanyaan sederhana yang muncul dibenak saya misalnya sebagai berikut sejauh mana efektifitas dan efisiensi metode tersebut dalam menghitung soal yang berhubungan dengan akar pangkat 3, angka desimal dan bilangan pecahan yang rumit, perkalian angka di atas 100.000 dan kelipatannya, termasuk juga bilangan berpangkat banyak (polinom) dan logaritma. Apakah untuk menjawab itu semua masih diperlukan jari kaki kita supaya cukup untuk membantu memberikan solusi berbagai pertanyaan. Tentu merepotkan bukan…akhirnya langsung lari dan kita butuh alat bantu cepat kalkulator lagi begitu seterusnya. Belum lagi jika kita sebagai manusia biasa mengalami kecacatan fisik (maaf) misalnya tangan kita buntung atau jumlah tangan kita tidak sempurna karena kecelakaan atau akibat amputasi penyakit berbahaya. Nah disinilah salah satu titik kritisnya metode tersebut. Lantas harus bagaimana langkah selanjutnya ? Disinilah…Quantum 5D Math learning solusinya karena anda diajak dan dilatih secara bertahap dan ulet untuk menggunakan strategi berhitiung tangan kosong. Tangan kosong artinya tanpa jari tangan dan kaki, tanpa bantuan alat hitung apoapun termasuk alat peraga. Bahkan jika bisa hanya diterawang (dibayangkan sambil dipikir dengan otak) dan analisa singkat bayangan maya dengan cepat, tepat dan akurat, itu jauh lebih bagus dan dahsyat lagi efeknya. Saya adalah konseptor dan penemu metode Quantum 5D Math Learning tersebut yg merupakan sistem revolusioner inovatif dan kreatif dari hasil studi literatur berbagai metode cepat berhitung di Indonesia. Jika anda penasaran hubungi HP. 08561321290 atau http://www.bkbxpertblogspot.com atau Group PECINTA MATEMATIKA facebook. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Negara Yang Sudah Berkunjung

Agustus 2014
S S R K J S M
« Jan    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS Kawan Sejati

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Koleksi Film Harun Yahya

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Blog Partnerku (elsabarto.co.cc)

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS FOSS-ID

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita Presiden SBY

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Yang Sudah Mampir Ada

  • 477,740 Orang
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: