PENDIDIKAN

Identifikasi Gerak Tubuh Pelanggan

Posted on: November 4, 2008

Identifikasi Bahasa

A. Konfirmasi adalah memperteguh/memastikan suatu hubungan. Dengan memeriksa kembali semua     data (alamat pengiriman, penagihan, dan daftar pesanan) untuk dipastikan kepastiannya

B. Diskonfirmasi ialah pembatalan hubungan, baik secara langsung maupun lewat media

C. Pendukung Komunikasi
1. Menguasai permasalahan

2. Cakap berkomunikasi

3. Berkomunikasi dengan menggunakan internet

4. Bahasa yang komunikatif
yaitu bahasa mudah dimengerti pihak yang terlibat dalam komunikasi

D. Penghambat komunikasi

1. Kurang pengetahuan

2. Sikap yang salah

3. Peralatan yang tidak dikuasai

4. Salah diartikan Oleh penerima pesan

E. Bahasa yang mendukung sinyal-sinyal keputusan pelanggan
Seorang pembeli yang telah memutuskan untuk membeli akan terlihat dari :
a. Menganggukan kepala
b. Barangnya “bagus”
c. Mengatakan, “oke saya beli satu”.
d. “Boleh tidak saya bayar dengan kartu kredit ”, sambil membuka dompet untuk mengeluarkan kartunya

Identifikasi Gerak Tubuh

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi atau proses pemberian arti sesuatu antara dua atau lebih orang dan lingkungannya bisa melalui simbol, tanda atau perilaku yang umum, dan biasanya terjadi dua arah.

Menyapa adalah lambang terjadinya komunikasi.

A. Pengertian Komunikasi  Verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan tutur kata baik dengan tulisan maupun tidak,     dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Pitch
  • = ketinggian suara
  • Intonation
  • = intonasi
  • Courtesy
  • = kesopanan
  • Tone
  • = nada
  • Understanding
  • = pengertian
  • Rate
  • = kecepatan
  • Enunciation
  • = lafal ucapan

    B. Proses Komunikasi Verbal

    C. Pengertian Komunikasi Non Verbal (Non-Verbal Communication)
    Komunikasi non-verbal adalah kontak mata, ekspresi wajah, penampilan fisik, nada suara, gerakan
    tubuh, pakaian dan aksesoris yang kita gunakan semuanya memberikan efek atau pengaruh yang
    cukup besar terhadap penyampaian pesan

    Hal yang perlu diperhatikan dalam (bahasa tubuh/sikap tubuh) adalah :

  • Eye contact 50%-70%
  • = kontak mata
  • Facial expression
  • = ekspresi wajah (merengut, senyum, tampang marah dsb)
  • Body posture
  • = postur tubuh
  • Touch
  • = sentuhan (tapi hati- hati)
  • Acsesories
  • = perlengkapan badan dan pakaian

    D. Proses komunikasi Non Verbal

    Menyambut dengan hormat, senyum, kemudian merekatkan kedua tangan.

    Berjabat tangan tanda setuju dan kompak.

    Etika dan Etiket Berkomunikasi

    A. Pengertian Etika
    Etika (etik) berasal dari kata ethos (bahasa yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau     adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu     ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah     atau benar, buruk atau baik.

    Etika dalam berkomunkasi harus dilandasi dengan kejujuran. Ada beberapa etika yang harus     anda perhatikan, yaitu :

    1. Panggilan dengan panggilan menyenangkan
    2. Tidak emosional
    3. Membuka dialog dalam berkomunikasi
    4. Komunikasi dengan berlapang dada
    5. Menyikapinya penuh kedewasaan
    6. Berkomunikasi dengan pesan yang efektif dan efisien

    B. Pengertian Etiket
    Etiket adalah sikap yang baik meliputi cara-cara sopan santun atau aturan yang harus dipatuhi      dalam pergaulan antar manusia yang beradab, yang meliputi :

    1. Ucapan yang sopan sesuai lingkungan
    2. Tingkah laku baik dan tidak menyinggung pihak yang diajak komunikasi
    3. Pakaian yang dikenakan sesuai acara yang dihadiri

    contoh berpakaian resmi dalam acara resmi

    C. Keramahan Berbahasa
    1. Ekspresi wajah
    Sebelum memulai bicara diawali dengan senyuman, merupakan ekspresi keramahan.

    2. Pemilihan kata dan kalimat
    Pemilihan kata dan kalimat hendaknya disesuaikan dengan etika yang berlaku umum,
    misalnya :
    Penjual (menyapa): “Selamat pagi Pak, ada yang bisa saya bantu?“
    Pembeli                  : “Pagi …, saya akan membeli baju tidur.”
    Penjual                   : “Untuk bapak atau …”

    3. Perbuatan
    Keramahan bisa diwujudkan dengan membantu pembeli mengemasi barang-barang belanjaan

    D. Etika memilih Media Komunikasi
    Pemilihan media komunikasi disesuaikan dengan produk yang akan atau sedang dipasarkan     misalnya :
    1. Surat
    2. Brosur/pamflet
    3. Spanduk
    4. Papan iklan
    5. Radio (komunikasi antara penyiar dengan pendengar)
    6. Telepon (komunikasi antar individu)
    7. TV (komunikasi dari  perusahaan yang mengiklankan produknya dengan penonton)
    8. Web site
    9. Koran, majalah

    Identifikasi Gerak Tubuh Pelanggan [Download]

    2 Tanggapan to "Identifikasi Gerak Tubuh Pelanggan"

    qu punya pertanyaan,,
    saat ney aqu bkrja di slh satu PT, yg 1 PT itu tidak hnya 1 atau 2 orang saja, disamping itu saya kuliah,, perbedaan yg sgt jauh antara lingkungan kerja dan kuliah,, di kuliah saya bs beradaptasi kurang dari 1 minggu, tetapi mngapa di dunia kerja dlm wktu 1 bln sy msh belum bisa beradaptasi,,?? saya cenderung humoris,, dan di tempat saya cenderung senioritasnya tinggi,, apa yg harus sy lakukan???

    anggaplah diri km sama dg yg lain…….mungkin dg humor itu km bs cpat beradaptasi

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Negara Yang Sudah Berkunjung

    November 2008
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930

    RSS Kawan Sejati

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Koleksi Film Harun Yahya

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Blog Partnerku (elsabarto.co.cc)

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Lihat Berita Detik Net

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS FOSS-ID

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Berita Presiden SBY

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    Yang Sudah Mampir Ada

    • 588,042 Orang
    %d blogger menyukai ini: